
SEMARAK KEMERDEKAAN RI KE – 79 SMA NEGERI 2 KOTA TERNATE.
- Senin, 19-08-2024
- 153
<!--[if gte vml 1]><!--[endif]-->PEMBUKAAN MPLS PESERTA DIDIK BARU DI TENGAH PANDEMIK COVID-19.
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)
merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan sebelum dimulainya kegiatan
pembelajaran, untuk memperkenalkan program satuan pendidikan, sarana dan
prasarana, cara belajar, penanaman konsep, pengenalan diri dan pengenalan
kultur sekolah.
Setelah
mencermati kondisi terkini penyebaran COVID-19 di Kota Ternate, maka MPLS
SMA Negeri 2 Kota Ternate Tahun Ajaran 2021/2022 masih dilaksanakan
secara Daring media
yang dapat digunakan, seperti,
whatsapp, Apk Zoom dan lain-lain., sebagaimana yang terjadi
pada tahun 2020 lalu. Pelaksanaan MPLS harus sesuai dengan yang diamanatkan
dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 18 tahun 2016 tentang
Masa Pengenalan Lingkungan sekolah bagi peserta didik Baru,
Penyelenggaraan
MPLS di sekolah di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini hendaknya disikapi dengan
bijak. Penyelenggaraannya yang efisien dengan prinsip murah, mudah, meriah, dan
masal sehingga tidak menyulitkan para peserta, diyakini dapat menjadikan
program ini berkualitas.”
Masa Pengenalan
Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan salah satu agenda rutin tahunan yang
diselenggarakan sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa baru
pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib di
dalamnya. Hal inipun dalam rangka mempersiapkan mereka untuk mengikuti kegiatan
belajar mengajar dengan lebih baik. Kemudian memperkenalkan dan menyatukan
siswa dengan warga sekolah lainnya dalam rangka membangun lingkungan sosial
yang menyenangkan, inspiratif, edukatif, dan kondusif;
Tujuan selanjutnya adalah, menanamkan wawasan wiyata mandala
sehingga siswa baru memahami hak dan kewajibannya, termasuk memahami fungsi dan
peran sekolah, guru, siswa dan masyarakat lingkungan sekolah. Semuanya dalam
rangka mewujudkan visi, misi, dan tujuan pendidikan secara komprehensif dan
berkelanjutan. Seterusnya adalah menanamkan sikap mental, spiritual, budi
pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain
pada diri peserta didik baru.
Sehingga kegiatan yang menjadi momen diawalinya tahun pelajaran
di setiap sekolah seyogyanya harus dimanfaatkan siswa baru untuk mengenal
lingkungan institusi pendidikan secara utuh sebagai upaya adaptasi dalam
mengikuti kegiatan belajar mengajar di jenjang yang lebih tinggi.
Dalam sambutannya SAKINA BAHMID,S.Pd. selaku kepala
sekolah mengatakan Keluarga besar SMA Negeri 2 Kota Ternate mengucapakan
selamat kepada seluruh anak-anak peserta didik baru kelas X (sepuluh) dan selamat bergabung menjadi bagian dari
keluarga besar SMA Ngeri 2 Kota Ternate.
Mengawali tahun pelajaran 2021/2022 seluruh peserta didik
baru wajib mengikuti kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).
Namun pada tahun ini kegiatan MPLS dilaksanakan berbeda. Pandemi Covid-19
saat ini masih terus menjadi perhatian kita semua sehingga untuk menghindari
menularnya wabah ini kegiatan MPLS kita gelar secara virtual murni. Termasuk
kegiatan MPLS ini kita lakukan secara virtual murni. Kami berharap para siswa
bisa mengikuti MPLS daring ini dengan semangat dan sungguh-sungguh dan orang
tua siswa tetap memantau dan membimbing anaknya mengikuti proses pengenalan
lingkungan sekolah secara daring ini. Kita berdoa semoga wabah ini segera
berakhir dan kita dapat beraktifitas kembali seperti sediakala. Amin..amim yaa
rabbal alamin.
Selama kegiatan ini berlangsung kami berharap peserta
didik baru dapat memperoleh pengalaman baru yang menyenangkan, mengenal
teman-teman baru, para guru dan karyawan, seluruh komponen sekolah beserta
norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya. Dan yang paling utama
adalah mengenal lingkungan sekolah sebagai wawasan wiyata mandala tempat kalian
belajar selama tiga tahun kedepan.
: tanpa label
Bagaimana pendapat Anda mengenai informasi yang disampaikan dalam website ini ?
Apabila ada yang ingin dikonsultasikan, silakan untuk menghubungi kami.